Total Tayangan Halaman

Senin, 21 Juli 2014

Membuat Pupuk Kascing dengan Kotoran Sapi


Seperti yang sudah di jelaskan bahwa cacing membuat tanah subur,  bekas cacing dan kotoran cacing ini yang berfungsi dalam menggemburkan dan menyuburkan tanah. Saat ini banyak yang menggunakan kotoran cacing atau kascing untuk pupuk pertanian organic. Membuat kascing tidak terlalu sulit, hanya butuh kejelian dan tidak takut kotor. Berikut salahsatu cara membuat kascing dari kotoran sapi:
Persiapan Bahan :
-          Kumbung (kandang)
-          Cacing
-          Alat Penyiram (Gembor)
-          Kotoran sapi

Langkah persiapan
Buat kandang berbentuk rumah dengan atap genting  atau atap yang tidak membuat ruangan menjadi panas, dinding bisa dari anyaman bambu atau tembok. Jika menggunakanbambu anyaman maka sebaiknya dinding dibagian bawah   tetap tembok atau batako setinggi kira2 1 meter baru diatasnya pakai anyaman bambu. Lantai di plester dengan semen yang halus, agar cacing tidak keluar dari kandang atau tempat yang kita sediakan.
Proses Produksi
Taruh kotoran sapi yang sudah di angin-anginkan sekitar 1 minggu, taruh didalam kandang ratakan setinggi 10 cm, tabur cacing diatasnya. Setelah 3 hari (sesuai jumlah cacing) akan menjadi vermikompos yang yang lembut serta berubah warna sehingga sudah dapat dipanen. Apabila belum akan dipanen dapat ditambahkan kembali kotoran sapi seperti diawal dan seterusnya. Kotoran sapi yang dibutuhkan setiap hari seberat cacing yang di tanamkan, karena cacing akan makan sebanyak berat badannya setiap hari. Sehingga jika kotoran sapi diberikan per tiga hari, maka jumlahnya harus 3 kali berat cacing. Perlu diperhitungkan pula bahwa cacing berkembang biak dengan cepat, cacing sebanyak 100 ekor dapat berkembang biak menjadi  100.000 cacing  pertahun.
Pemanenan Kascing
Pada siang hari cacing akan banyak bersembunyi dan tidak dipermukaan, karena cacing tidak tahan dengan sinar atau terang. Sehingga pemanenan bisa dilakukan  tidak harus dengan mengayak.
Perlu diperhatikan :
Cacing butuh kelembaban, sehingga perlu di siram dengan air secukupnya apalagi dimusim panas. Sehingga  agar tidak sampai kekeringan yang dapat beresiko mematikan cacing, maka  harus dilakukan penyiraman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar